Manusia Purba Indonesia

Jenis-jenis Manusia Purba Indonesia

Pada masa lampau banyak peristiwa yang menyangkut kehidupan dan kebudayaan manusia. Namun tidak semua peristiwa tersebut tercatat atau tertulis. Lebih-lebih peristiwa pada jaman purba. Catatan tertulis untuk peristiwa jaman purba tidak ada. Karena manusia purba belum mengenal tulisan. Manusia purba tidak meninga1kan catatan-catatan tertulis. Akibatnya kita tidak mempunyai bahan tertulis untuk menggali pengetahuan masa itu.

Jaman sebelum manusia mengenal tulisan, disebut Jaman Prasejarah Jaman itu dimulai sejak manusia ada sampai manusia mengenal tulisan. Jadi, jaman prasejarah itu berakhir, setelah manusia mengenal tulisan. Dengan demikian manusia atau kelompok manusia yang telah mengenal tulisan mulai memasuki jaman Sejarah.

Kita mengetahui bahwa sekelompok manusia telah mengenal tulisan dan catatan-catatan tertulis peninggalan mereka. Catatan-catatan tersebut ada yang berupa batu bertulis, piagam, buku-buku, dan lain-lain. Catatan tertulis pada batu disebut prasasti.



Jaman prasejarah dan jaman sejarah tidak sama bagi tiap-tiap bangsa. Misalnya bangsa Sumeria dan bangsa Mesir purba. Kira-kira 4000 tahun sebelum Masehi mereka telah mengenal tulisan. Dengan demikian kedua bangsa tersebut telah meninggalkan jaman prasejarah kira-kira 4.000 tahun sebelum Masehi. Dan sejak saat itu mereka mernasuki jaman sejarah. Sebaliknya penduduk asli Australia. Mereka baru mengenal tulisan pada awal abad ke-20 ini berarti bahwa penduduk asli Australia baru meninggalkan jaman prasejarah pada awal abad ke-20.

Bangsa Indonesia memasuki jaman sejarah kira-kira pada tahun 400 Masehi. Hal itu dapat diketahui dan batu bertulis yang terdapat di Muara Kaman di Kalimantan Timur. Prasasti tersebut tidak berangka tahun. Namun bahasa dan bentuk huruf yang dipakai memberi petunjuk, bahwa prasasti itu dibuat kira-kira tahun 400 Masehi.

Sumber-sumber untuk mengetahui keadaan pada jaman purba ialah peninggalan yang berujud: tengkorak manusia purba, tulang-tulang manusia purba, dan alat-alat yang dipakai oleh manusia purba.

Benda-benda tersebut diperoleh dari penggalian-penggalian. Hasil penggalian itu ada yang berujud sisa-sisa tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia yang telah membatu yang dinamakan fosil. Maka ada fosil tumbuh-tumbuhan, fosil hewan, dan fosil manusia.

Fosil-fosil dapat memberi petunjuk tentang kehidupan manusia jaman purba. Maka fosil itu disebut fosil pandui. Dengan fosil manusia yang ditemukan, para ahli purbakala dapat mengetahui jenis-jenis manusia purba Indonesia sebagai berikut:

1. Pithecanthropus Erectus
Pada tahun 1890 seorang ahli purbakala bernama E. Dubois menemukan fosil manusia di dekat desa Trinil. di tepi Bengawan Solo, dekat Ngawi, Jawa Timur. Setelah fosil-fosil itu diteliti dan dthubung-hubungkan, terbentuklah sebuah kerangka manusia yang mirip kera. Maka dinamakan Pithecanthropus Erectus, yang berarti Manusia kera yang berjalan tegak.

2. Meganthropus
Pada tahun 1941 seorang ahli purbakala bernama Von Koenigswald menemukan fosil-fosil manusia di Sangiran, daerah Surakarta. Setelah diteliti ternyata bahwa manusia itu bertubuh besar, tetapi tidak seberapa tinggi. Oleh karena itu dinamakan Meganihropus. Megas artinya besar.

3. Horno
Pada tahun 1931 — 1934 ahli-ahli purbakala bernama Ter Haar dan Ir. Oppennoorth menemukan fosil-fosil manusia di dekat desa Ngandong,di lembah Bengawan Sala. Fosil-fosil tersebut diselidiki oleh Von Koenigswald. Makhluk itu ternyata lebih tinggi tingkatnya dan Pithecanthropus Erectus. Maka dinamakan Homo Soloensis yang artinya manusia dari Solo.

Pada tahun 1889 E.Dubois menemukan fosil-fosil manusia di desa Wajak, dekat Tulungagung, Jawa Timur. Makhluk itu diberi nama Homo Wajakensis. yang berarti Manusia dariWajak. Tingkatnya lebih tinggi dan Pithecanthropus Erectus, dan mirip penduduk asli Australia.

Manusia purba belum mampu menguasai alam. Kehidupan manusia purba bergantung kepada alam sekitar. Kemampuan mereka terbatas. Jalan pikiran mereka masih sederhana sekali. Penghidupan atau mata pencaharian mereka tidak banyak macam ragamnya. Berturut-turut dapat disebutkan


EmoticonEmoticon